Sejarah Maqsurah / Hünkar Mahfili dalam peradaban Islam

 

Sejarah Maqsurah / Hünkar Mahfili dalam peradaban Islam

 

    Perlu kita ingat dahulu Amirul Mu’minin Khalifah Sayyidina Umar bin Khattab RA dibunuh saat sedang melaksanakan sholat shubuh di masjid. Untuk mengantisipasi terjadinya pembunuhan yang serupa, pada masa Kekhalifahan Sayyidina Utsman bin Affan RA mulai dibangunlah ‘Maqsurah’ di dalam Masjid Nabawi, adalah sebuah ruangan tertutup di dalam masjid yang digunakan sebagai tempat shalat khusus para khalifah/pemimpin agar terjaga dari niat buruk yang membahayakan keselamatan sang khalifah ketika sedang melaksanakan shalat di dalam masjid. Pembangunan maqsurah sendiri telah menjadi tradisi penguasa-penguasa islam selanjutnya.


Maksurah Masjid Agung Kairouan, Tunisia


     Di masa Turki Utsmani, maqsurah disebut dengan nama “Hünkar Mahfili”. Hunkar Mahfili sendiri biasanya hanya dibangun di dalam masjid-masjid salathin, masjid yang dibangun oleh para sultan-sultan Turki Utsmani.

Hunkar Mahfili Masjid (Hagia Sophia) Ayasofya, Istanbul



Hunkar Mahfili Masjid Selimiye, Edirne (Adrianopolis)

Hunkar Mahfili Masjid Bayezid, Istanbul


    Hunkar Mahfili biasanya berbentuk ruangan tertutup yang disangga oleh beberapa tiang yang menjadikannya lebih tinggi dari lantai masjid. Hunkar Mahfili tertua terdapat di dalam Masjid Yeşil (822 H /1419 M) di Bursa yang dibangun oleh Sultan Celebi Mehmed (Mehmed I).

Hunkar Mahfili Masjid Yeşil, Bursa


    Selain Hunkar Mahfili, juga ada yang namanya ‘Müezzin Mahfili’ yaitu tempat khusus muadzin yang serupa dengan Hunkar Mahfili, hanya saja lebih terbuka. Muezzin Mahfili tidak seperti Hunkar Mahfili yang hanya terdapat di masjid-masjid salathin. Muezzin Mahfili juga terdapat di masjid-masjid tua peninggalan Turki Utsmani yang lain. Bahkan di masjid-masjid baru sekarang juga terdapat Muezzin Mahfili.


Muezzin Mahfili di Masjid Suleymaniye, Istanbul


    Maqsurah juga dapat kita temui di beberapa masjid-masjid di nusantara. Di masjid Nusantara, maksurah berupa ruang sholat dalam suatu kotak tertutup yang berada di ruangan sholat utama. Umumnya maqsurah terletak di bagian kiri (selatan) dan dekat dengan mihrab. Tempat ini adalah ruangan khusus tempat sholat raja saat ikut berjamaah di masjid. Keberadaan maqsurah menjadi penanda bahwa bangunan masjid yang bersangkutan merupakan masjid milik kerajaan.

 

Maqsurah di Masjid Agung Demak


Maqsurah di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta

Sumber:
 https://islamansiklopedisi.org.tr/mahfil, https://id.wikipedia.org/wiki/Maksurah, https://twitter.com/salimafillah/status/1647590275005714432 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Wahabi Dari Sudut Pandang Turki Utsmani

Tradisi Turki Utsmani Di Bulan Suci Ramadhan

SULTAN JUGA SEORANG AYAH